Perawatan Mobil

Musim Hujan Bisa Bawa Rugi Besar Untuk Para Pemilik Mobil

Indonesia saat ini tengah berada di tengah-tengah musim hujan yang diperkirakan bakal terus bergulir hingga Februari 2015 mendatang. Bahkan, menurut Badan Meteorologi, Bulan Januari nanti adalah puncaknya, di mana curah hujan diperkirakan bakal semakin tinggi. So, buat kalian para pengendara, baik motor maupun mobil, lebih baik was-was dan siap-siap untuk kerja ekstra.

Salah satu dampak utama dari derasnya curah hujan, tentunya adalah banjir. Saat ini di beberapa kota, terutama Jakarta bahkan sudah mulai sering tergenang air. Kondisi itu tentu harus disikapi dengan waspada untuk menghindari kerusakan pada mobil kesayangan anda.

Tak cuma sekedar rusak, banyak sekali risiko kerugian yang bisa anda dapatkan jika mobil yang ditumpangi sering-sering terendam air loh! Memang benar ada yang namanya asuransi, namun belum tentu pihak asuransi akan menerima klaim anda jika kondisinya mobil anda terendam karena anda sendiri yang memaksa untuk menerobos banjir.

Jika klaim ditolak, maka tentunya anda harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar biaya perbaikan mobil. Lalu kerusakan apa saja sih yang bisa disebabkan oleh banjir? Macam-macam. Mulai dari kerusakan parah seperti kerusakan mesin pada komponen hingga yang ringan-ringan saja. Namun pastinya, total biaya untuk perbaikan bisa diperkirakan mencapai angka jutaan rupiah.

Banyak yang berpikiran untuk menjual mobil mereka yang rusak bekas kena banjir demi menghindari biaya perbaikan yang mahal. Well, perlu diingat pula jika mobil bekas kena banjir harganya akan turun drastis jika dijual ulang.

Dari data yang dihimpun, pertengahan Februari 2015 lalu salah satu perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance menerima ribuan klaim asuransi kendaraan yang kena banjir. Fakta itu membuktikan jika banjir memang punya potensi besar untuk merugikan anda yang memiliki kendaraan bermotor, terutama mobil.

Cara yang paling tepat untuk mengatasi kerugian di atas? Segera asuransikan mobil anda (bagi yang belum) dan sering-sering membawanya ke servis mobil untuk diperiksa. Jika Anda malas ke bengkel, sekarang tukang service sudah bisa dipanggil ke rumah kok! ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *