Perawatan Mobil

Waspada Objek Tak Kasat Mata ‘Pembunuh’ Ban Saat Banjir

Banjir adalah pasangan utama dari musim hujan. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang, jangan heran jika kamu menemui banjir di sana-sini ketika berkendara. Dan tentunya kalian tahu sendiri betapa malasnya jika kita harus merelakan mobil terendam dalam genangan air.

Selain membuat kotor, genangan air bisa merusak beberapa komponen mesin. Untungnya, menurut Virdan, seorang Nasional Technical Support Department Achilles, sebagian besar ban yang sudah dipasarkan itu sangat aman untuk dipakai dalam kondisi panas, dingin, banjir atau apapun juga.

“Pada dasarnya ban yang sudah dipasarkan sudah melalui uji kelayakan. Ban ini sudah di-ujicoba dalam berbagai kondisi ekstrem mulai dari panas sampai dingin. Tidak ada masalah kalau mau menerobos banjir atau terendam, ban tetap aman,” ungkapnya.

Namun bukan berarti kita harus santai saja menerobos ketika mobil dalam keadaan terendam banjir. Pasalnya, kita harus waspada dengan objek tersembunyi yang tak kasat mata saat air meninggi. Bayangkan saja jika ada paku, pecahan botol, atau semen tajam dan anda tanpa sadar melibasnya begitu saja. Maka tamatlah riwayat ban anda.

“Masalahnya mungkin bukan karena airnya, tetapi bahaya lain seperti jalan berlubang atau benda tajam yang tak terlihat saat banjir. Air banjir tentu tidak jernih, kita jadi sulit mengetahui apa yang ada di sekitar,” jelasnya.

Saran dari Virdan, sebisa mungkin pengendara mobil menghindari banjir apapun yang terjadi. Namun jika memang kondisinya harus diterobos, maka berjalanlah dengan pelan-pelan.

“Disarankan untuk tidak menerobos banjir. Soalnya tidak hanya ban yang terancam kerusakan, mesin yang paling utama,” tutupnya.

Anyway, jangan lupa untuk sering-sering membawa mobil anda ke bengkel dan melakukan maintenance berkala pada mobil kesayangan anda. Jika Anda malas, panggil saja tukang service ke rumah. Tapi jangan lupa, pilih yang handal dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *