Perawatan Mobil

Atasi Kesulitan Berkendara Dalam Kondisi Macet Lewat Tips Ampuh Ini!

Semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor membuat prosentase kemacetan sendiri makin bertambah. Saat ini macet sudah seperti pemandangan yang sangat biasa dan bukan hal baru lagi, terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, terutama Jakarta.

Selain hati kesal karena waktu jadi banyak terbuang secara cuma-cuma di jalan, saat terjebak kemacetan kita juga dituntut untuk ekstra hati-hati. Pasalnya, antara satu kendaraan dan lainnya pasti saling berdempetan sehingga bersinggungan bisa jadi momok yang menakutkan.

Nah, buat kamu pengendara mobil yang belum biasa hidup dalam bayang-bayang kemacetan, ada beberapa tips penting dan pastinya berguna dari Sun Motor nih. Apa saja?

Beri Jarak
Ketika macet, mungkin jalan mobil kita bahkan kalah cepat dari becak atau sepeda. Pasalnya ketika baru maju sedikit, kita sudah harus berhenti lagi. Lebih baik tunggu mobil depan kita maju agak jauh alias beri jarak, barulah kita ikut di belakangnya secara perlahan. Hal ini berfungsi agar kita tidak sering-sering memakai √ęsetengah kopling√≠ yang berisiko membuat mobil mati jika kita tak konsentrasi. Apalagi jika kemacetan terjadi di jalan menanjak, lebih baik gunakan rem tangan untuk menahan mobil bergerak mundur.

Ganti transmisi ke netral ketika berhenti lama
Ada kalanya kita terjebak di kemacetan yang benar-benar stuck alias tak bisa bergerak sama sekali. Jika kira-kira mobil akan berhenti lebih dari 30 detik sebelum bergerak lagi, lebih baik anda ganti gigi atau transmisi ke netral. Kenapa? Karena pada mobil yang bertransmisi manual, jika pedal kopling terlepas (secara tak sengaja), maka akan terjadi hentakan dan ada risiko kita menabrak bagian belakang mobil yang ada di depan kita.

Selalu cek dan ricek indicator mobil
Kemacetan biasanya terjadi di siang-siang bolong saat mobilitas public tengah tinggi-tingginya. Nah, di saat panas menyengat, mobil bisa mengalami overheat dengan mudah. Untuk menghindari itu, kita harus selalu memantau indicator di panel instrument. Jangan lupa cek indicator lampu oli juga ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *