Perawatan Mobil

Mengerem Saat Ban Mobil Tergenang Air Itu Bahaya!

Di musim penghujan seperti sekarang, para pengguna kendaraan bermotor harus lebih rajin bersih-bersih dan juga hati-hati ketika berkendara. Seperti diketahui, jalanan yang licin membuat mobil anda mudah tergelincir atau lepas control.

Belum lagi ada yang namanya genangan air di mana-mana. Tahukah anda betapa bahaya efek air tersebut? Seorang pebalap nasional yang juga suami dari Sissy Priscilla menjelaskan apa sih bahaya mengerem ketika ban mobil tergenang di dalam air.

“Butuh pengetahuan baik untuk bisa menerobos genangan air di jalan. Banyak orang beranggapan mobil harus direm saat melewati genangan air, padahal ini sangat berbahaya,” ucap Rifat saat ditemui di Jakarta, Rabu (04/01).

Menurut Rifat, memperlambat kendaraan ketika ada genangan air adalah solusi terbaik. Caranya bukan dengan mengerem, tapi melepas pedal gas agar mobil mudah dikontrol. Pasalnya jika menggunakan rem, ada kalanya ban mobil akan tergelincir.

“Saat mobil direm, ban akan blocking di atas air. Hal ini tidak membahayakan, tetapi saat ban terkena aspal kering kembali, mobil akan tertarik akibat ban tercengkram jalanan. Mobil bisa berbalik arah,” sambung Rifat.

Bahkan saat genangan air tersebut sudah terlewati, ada baiknya menginjak pedal gas secara perlahan dengan mengontrol keseimbangan. “Kalau dijabarkan prosesnya adalah perhatikan dulu genangannya, lalu perlambat kendaraan dengan melepas pedal gas, kemudian kontrol dengan baik saat melintasi genangan, gas kembali secara halus,” tutupnya.

Selain berbahaya bisa menyebabkan tergelincir, harap anda catat baik-baik jika dalam genangan mobil kadang ada objek tak kasat mata yang bisa melukai ban. Maka dari itu, lebih berhati-hatilah ketika mengendarai mobil masing-masing menggunakan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *