Perawatan Mobil

Tips AMPUH dan SIMPEL Untuk Menghemat Konsumsi BBM Mobil Anda

Harga bahan bakar minyak di Indonesia terus naik turun bak sebuah RPM kendaraan. Kenaikan harga BBM tentunya jadi momok utama para pengguna kendaraan bermotor. Saat harga naik, pasti ada perasaan tak ikhlas untuk merogoh kocek lebih demi mengisi bahan bakar yang biasanya harganya lebih murah.

Nah, pada tulisan ini kiat bakal menyajikan beberapa tips untuk menghemat bahan bakar yang simple dan bias dilakukan oleh siapa saja. Buat kamu yang ke mana-mana menggunakan kendaran bermotor terutama mobil, tips ini dijamin bakal membuatmu bahagia deh!

1. Membersihkan Filter Udara
Hal ini mungkin terdengar remeh dan nggak begitu penting, namun jangan salah! Filter yang kotor membuat anda harus menekan gas lebih banyak dari biasanya. Belum lagi, filter yang kotor juga akan membuat performa mobil anda terhambat. So, tips satu ini simple aja kok, sering-sering bersihkan filter udara mobil anda.

2. Tekanan Angin Pada Ban
Yang satu ini juga pasti terdengar nggak ada hubungannya dengan konsumsi BBM. Namun percayalah jika tekanan angin pada ban anda terlalu keras, maka kemungkan ban benjol lebih besar. Nah, sebalikmya jika ban kurang angin, otomatis mobil akan lebih bertumpu pada velg ketimbang karet ban. Logikanya, mobilitas mobil jadi lebih berat dan konsumsi BBM pun jadi lebih banyak.

3. Pilih BBM Yang Tepat
Menurut standar Internasional, penggunaan BBM dengan oktan 90 adalah yang terbaik. Jadi, pertamax adalah satu-satunya jawaban paling tepat meski harganya sedikit lebih mahal dari pertamina.

4. Kurangi Penggunaan AC
Bagi anda penggila AC, ingat baik-baik jika fitur satu ini cukup memakan banyak BBM ketika dinyalakan secara terus-menerus. Tak masalah pakai AC, namun kalau bias, sering-sering bersihkan filter-nya ya!

5. Wheel Alignment
Jika sering digunakan, sudut dari roda mobil akan melakukan pergeseran secara perlahan alias tidak lurus satu sama lain. Hubungan Wheel Alignment ini dengan konsumsi bahan bekar memang terdengar palsu, namun jika sudut ban yang tak sama membuat mobil sering tertekan karena ban satu dan lainnya tidak dalam sudut yang sama. Artinya? Penggunaan BBM lebih banyak dan cepat habis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *