Perawatan Mobil

5 Modifikasi Untuk Meningkatkan Tenaga Mesin (Horsepower) Mobil Anda

Meski tak semua orang suka kebut-kebutan di jalan, namun siapa yang tidak suka jika mobil mereka bisa melaju secara kencang dan stabil ketika mengendarai di jalanan? Yup, sekedar informasi saja, tenaga mesin mobil dihitung menggunakan satuan horsepower (hp). Semakin besar horsepower sebuah mobil, maka semakin mobil kencang mobil anda bisa berlari.

Nah, buat anda yang suka modifikasi mobil, ada beberapa cara untuk meningkatkan tenaga mesin mobil alias horsepower loh. Apa saja? Simak daftarnya di bawah..

1. Mengganti Chip Komputer
Ganti chip ROM dalam egine control unit (ECU) mobil anda. Meski pengaruhnya sedikit untuk meningkatkan tenaga mesin, namun perubahan baru akan terlihat secara signifikan jika anda juga melakukan modifikasi lain seperti pada masukan udara (air intake) dan juga sistem pembuangan (knalpot).

2. Modifikasi Sistem Pembuangan
Knalpot punya berpegaruh besar untuk meningkatkan horsepower sebuah mesin mobil. Knalpot yang canggih menggunakan pipa besar, header dan free flow muffler untuk mengurangi tekanan balik atau hambatan udara, sehingga pembuangan jadi lebih lancar dan mobil bisa berlari lebih kencang.

3. Memasang Turbocharger
Memasang turbocharger pada mobil tentu jadi salah satu alternatif lain yang pasti langsung muncul di pikiran. Namun ada beberapa hal yang perlu anda ingat seperti mengganti silinder-nya dengan ukuran lebih besar. Kenapa? Karena Hal itu akan memperbanyak jumlah oksigen dalam silinder dan meningkatkan proses pembakaran. Simpy put, lebih banyak oksigen, lebih besar pula tenaga sebuah mesin.

4. Saringan Udara (Air Filter)
Fungsi sariangan udara adalah menghilangkan partikel padat seperti debu, serbuk sari dan sejenisnya untuk masuk ke silinder. Nah, ukuran saringan udara atau yang biasa disebut air filter lebih besar logikanya akan bisa menampung lebih banyak udara masuk ke dalam mesin. Dan hal itu membuat piston bekerja lebih efisien, sehingga tenaga mesin pun akan semakin bekerja secara efektif.

5. Mengurangi Berat Mobil
Mobil yang ringan lebih mudah bergerak daripada yang berat. Tentu saja mengurangi bobot mobil adalah salah satu kunci utama untuk meningkatkan kecepatan mobil. Lalu apakah anda harus melepas komponen bagian mobil ini dan itu? Tidak, karena hal itu bisa mengurangi stabilitas mobil. Caranya ganti saja komponen-komponen dengan bahan yang lebih ringan. Dan jangan lupa meninggalkan barang bawaan tak perlu di rumah daripada harus menumpuknya di kursi belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *