Tips Trik

Jangan Asal Bersihkan Kaca Mobil Yang Berembun, Coba Cara Ini

Musim hujan adalah salah satu musuh besar dari para pengendara kendaraan bermotor. Pasalnya, selain membuat mobil mudah kotor, air becekan bekas hujan juga punya kemungkinan untuk merusak mesin mobil. Belum lagi ketika timbul embun-embun ‘nakal’ yang sering menempel di kaca mobil sehingga menghalangi pandangan. Pasti besar keinginan kita untuk menghapusnya segera.

Embun sendiri muncul karena perbedaan suhu udara antara luar dan dalam mobil. Tentu saja butuh sebuah penanganan yang tepat untuk menghilangkannya daripada sekedar mengelapnya dengan tangan atau kain.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan embun, seperti salah satunya menyamakan suhu udara yang ada di luar dan di dalam kabin. Caranya simpel, buka kaca mobil lebar-lebar hingga udara dari luar masuk ke dalam. Namun jika kondisi saat itu hujan, maka hal itu bisa menyebabkan sang pengendara kebasahan. So, lakukan metode ini jika kondisi tidak hujan.

Berikutnya bisa dilakukan dengan cara menghidupkan AC dalam mobil. Dengan cara ini, udara di dalam akan menurun hingga akhirnya jadi seimbang dengan yang di luar. Namun kadang kita harus menurunkan suhu AC hingga lumayan rendah untuk cara ini sehingga risikonya adalah pengendara jadi kedinginan.

Next, bisa dengan cara mengoleskan shampo pada kaca depan bagian dalam. Shampo bisa berfungsi untuk menghambat proses pengembunan pada kaca. Namun perlu diingat jika shampo tersebut akan menimbulkan busa yang pastinya mengganggu pandangan. So, lakukan ketika mobil tidak melaju ya!

Maka dari itu, membersihkan embun mobil ada baiknya dilakukan saat mobil berhenti. Namun jika memang sedang terburu-buru, anda bisa menggunakan metode pertama atau kedua menyesuaikan kondisi yang disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *