Perawatan Mobil

Kampas Rem Mobil Habis dan Timbulkan Bunyi Mencekik, Lakukan Hal Ini!

Kampas kopling adalah salah satu komponen mobil yang sangat jarang diperhatikan oleh pengendaranya, iya kan? Pasalnya, kebanyakan orang cenderung lebih mengutamakan komponen yang tampak mata ketimbang yang tak terlihat, seperti salah satunya kampas mobil.

Padahal seperti diketahui, kampas mobil sangat penting untuk diperhatikan dan diganti jika memang sudah habis. Tanda-tanda yang paling sering muncul ketika kampas rem mobil sudah mulai habis adalah timbulnya suara-suara mencekik telinga ketika kita menginjak pedal rem. Tak cuma itu saja, keselamatan kita pun jadi terancam karena kinerja rem jadi berkurang.

Bunyi itu sendiri terjadi gara-gara permukaan cakram yang tak rata atau cakram mengalami benturan benda keras. Cakram sendiri memang cukup ‘sensitif’ alias mudah penyok karena benturan-benturan atau gesekan dengan benda keras. Maka dari itu maintenance cakram mobil adalah salah satu kewajiban yang tak boleh dilewatkan bagi pengendara mobil.

Namun jika kampas rem mobil anda sudah terlanjur habis dan anda sering mendengar suara decitan-decitan mencekik telinga, maka ada beberapa solusi, seperti mengganti disc brake, membubut cakram lagi, atau mengepresnya. Cara pertama memang mahal, namun bisa dijamin kualitas disk brake anda akan kembali ke kondisi 100%. Sementara itu dua lainnya cenderung lebih ‘hemat’, namun tak menutup kemungkinan akan kembali mengalami kejadian serupa jika tak di-maintenance.

Jika anda ragu untuk melakukan langkah yang mana, jangan ragu untuk menghubungi dealer terdekat dan bertanya langsung pada montir di sana. Namun jika anda malas, panggil tukang servis mobil langsung ke rumah anda. Namun pastikan yang terpercaya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *