Tips Trik

Kejahatan di Jalan Makin Marak, Simak 4 Tips Sederhana Ini

Kejahatan di jalan sering terjadi secara tak terduga pada para pengendara, baik mobil maupun motor, siang atau malam. Maraknya kejahatan itu sendiri pasti sangat meresahkan karena selain membahayakan nyawa juga merugikan sang pengendara.

Kejahatan itu sendiri sebenarnya terjadi karena adanya kesempatan yang muncul. Beberapa pengendara yang memang suka show off dan terlihat lengah pasti akan jadi sasaran empuk para pelaku kejahatan.

Nah, berikut ini adalah 4 langkah utama yang bisa dilakukan supaya kejahatan bisa diminimalisir. Simak baik-baik!

1. Mulai Dari Diri Sendiri
Apapun alasannya, melakukan evaluasi atau meningkatkan kesadaran diri adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindari kejahatan di jalan. Mulai dengan mengurangi penggunaan perhiasan yang tak terlalu mencolok. Jika anda memiliki mobil lebih dari satu, usahakan juga untuk menggunakan yang sederhana saat malam hari, karena waktu-waktu ini lah banyak pelaku kejahatan yang mencari mangsa.

2. Selalu Waspada
Yang namanya mengendara, kita harus selalu fokus dan waspada untuk menghindari kecelakaan. Namun kewaspadaan juga perlu untuk memperhatikan hal-hal lain yang dirasa mencurigakan, terutama malam hari di jalanan yang cenderung sepi. Tak jarang pelaku kejahatan menggunakan modus senjata paku yang ditebarkan di jalan sehingga membuat ban kita bocor dan nantinya mereka akan menghampiri saat kita tak bisa berbuat apa-apa. Jika memang sudah merasa ban anda oleng di malam hari, lebih baik sempatkan untuk berhenti di tempat yang ramai untuk mengganti ban untuk menggagalkan modus sang pelaku.

3. Antisipasi
Sebelum masuk ke faktor kewaspadaan, ada satu hal lain yang penting, yakni antisipasi. Caranya simpel, seperti menghindari rute-rute yang dirasa rawan dan memilih jalan lain meski mungkin lebih jauh. Jika perlu gunakan bantuan google map yang sekarang bisa membantu anda menentukan rute alternatif untuk sampai di lokasi tujuan.

4. Jaga Sikap
Sikap anda ketika berkendara juga sangat penting untuk diperhatikan karena berpotensi mengundang kejahatan. Tak jarang pengendara bengal melakukan aksi ugal-ugalan, kebut-kebutan, atau menyetel musik secara keras ketika berhenti di lampu merah yang akhirnya memancing emosi dari pengendara lain dan juga pelaku kejahatan. Be humble for your own safety!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *