Perawatan Mobil

Kenali Fungsi Dari Karet Pintu Mobil Anda

Meski bentuknya kecil dan sering disepelekan, namun tahukah anda betapa pentingnya fungsi dari karet hitam yang menempel pada pintu mobil? Yup, selain berguna untuk menghaluskan benturan ketika pintu dibuka dan ditutup, karet itu juga juga sangat penting untuk menjaga agar sela-sela pintu tak dimasuki air, terutama saat musim hujan seperti sekarang.

Seperti komponen-komponen lainnya, karet pintu mobil juga memiliki ‘usia’ sendiri alias bisa habis dan tak berfungsi lagi seiring berjalannya waktu. Tanda ketika karet sudah tak berfungsi lagi adalah teksturnya yang jadi lebih keras bukan elastis. Lalu ketika anda menutup pintu mobil, maka akan terdengar suara sentuhan yang cukup keras.

Lalu, apa sih tips supaya karet pintu mobil kita awet dan terjaga fungsinya? Coba deh cara-cara berikut…

Yang pertama, kurangi penempatan mobil atau parkir mobil di tempat yang terekspose secara langsung dengan sinar matahari. Pasalnya, teriknya matahari bisa membuat karet cepat kering dan fungsinya semakin cepat habis juga. Jika memungkinkan, carilah tempat parkir indoor yang nyaman untuk tunggangan anda.

Yang kedua mungkin secara tidak disadari anda sering bersinggungan dengan karet pintu mobil. Meski sepele, namun hal ini juga bisa membuat karet mudah sobek atau lepas dari tempatnya. Selain kulit, bisa juga hal ini diakibatkan oleh seringnya anda menyenggol karet dengan barang-barang bawaan ketika dimasukkan atau dikeluarkan. So, pelan-pelan ya kalau masukin atau mengeluarkan barang!

Ketiga, setiap anda selesai mencuci mobil kesayangan, ingat untuk selalu menyiram dan membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela lekukan mobik. Last but not least, pakailah cairan silikon atau semprotan silikon untuk menjaga kelembapan karet. Hal ini juga sangat berguna untuk mengantisipasi dampak terburuk andaikan saja mobil harus sering diparkir di luar dan rawan terserang sinar matahari langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *