Tips Trik

Konsumsi BBM Mobil Transmisi Otomatis Tak Kalah Irit Dari Manual

Awalnya, mobil transmisi otomatis diragukan bakal memiliki banyak kekurangan. Namun seiring berkembangnya zaman, kelemahan-kelemahan mobil matic pun sudah mulai diatasi satu persatu. Salah satunya adalah konsumsi bahan bakar matic yang dikalkulasi bakal lebih boros dari mobil bertransmisi manual.

Namun Hartanto Sukmono, seorang Direktur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia (KMI) mempunyai pendapat yang berbeda mengenai konsumsi bahan bakar mobil matic maupun manual. Menurutnya, keduanya mengkonsumsi jumlah bahan bakar yang sama, tergantung cara pemakaian sang pengendara mobil.

“Yang penting bagaimana pengemudi bisa berkendara dengan baik dan aman sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang efisien,” ujar Hartanto Sukmono pada acara lomba irit anggota Picanto Club Indonesia (PiCA).

Pada kesempatan itu, sebuah tes langsung pun dilakukan antara mobil matic dan manual dengan takaran satu liter bensin. Hasilnya? Mobil manual menghabiskan 19,67 km/liter sedangkan matic 17,88 km/liter. Masih lebih hemat manual memang, namun angka tersebut tidaklah sejauh yang diperkirakan.

Dengan fakta bahwa konsumsi bahan bakar mobil matic itu cukup irit, tak heran jika dalam beberapa waktu terakhir ini banyak konsumen yang lebih memilih mobil bertransmisi otomatis.

“Sekarang zaman sudah modern, meski transmisinya matik, banyak mobil yang difasilitasi teknologi CVT. Teknologi ini yang membuat mobil matik lebih halus, bertenaga dan yang penting lebih irit. Seperti beberapa mobil Honda yang sudah mengusung transmisi dengan CVT,” sambung Hansten, seorang Marketing Manager Honda Jakarta Center (HJC).

Selain lebih mudah digunakan, salah satu alasan lain kenapa orang-orang lebih cenderung memilih mobil matic saat ini adalah tingkat kemacetan di Indonesia yang makin merata di hampir tiap kota. Pasalnya, kita bisa jauh lebih santai ketika mengendarai mobil matic di tengah-tengah kemacetan. Setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *