Tips Trik

Belajar Mengemudi Mobil Matic yuk

Terbiasa menyetir mobil manual bukan berarti langsung bisa saat mengendarai yang menggunakan transmisi matic. Memang secara praktiknya, mobil matic lebih mudah dikendarai namun bukan berarti tidak perlu dipelajari dulu. Hal ini karena ada banyak perbedaan antara transmisi matic dan manual.

Salah satunya adalah mengenai bahan bakar yang digunakan. Untuk pemilihan bahan bakar kendaraan harus menjadi perhitungan penting bagi pemilik kendaraan. Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld misalnya, menganjurkan pengguna Toyota Yaris memakai bahan bakar pertamax.

Setelah itu, belajar mengemudikannya. Meski mudah, ada beberapa poin yang Anda wajib ketahui:

  • Urutan pada tuas transmisi. Pada tuasnya tidak ada lagi angka 1,2,3,4 melainkan huruf yang berarti menyalakan mesin pada pertama kali, kemudian mundur dan melaju kencang.
  • Membiasakan kaki kiri bebas tugas dari kebiasaan menekan pedal kopling. Sebab pada mobil transmisi otomatis hanya ada pedal gas dan pedal rem. Jika kaki kiri tetap ikut andil risiko yang bakal dihadapi adalah secara spontan kaki kiri menginjak pedal rem saat rpm mobil naik dan serasa ingin pindah gigi transmisi.
  • Sebelum memindahkan tuas transmisi, injak dulu pedal rem kemudian pindahkan ke posisi D. Agar jangan sampai mobil melaju sendiri tanpa kontrol dari pengemudi.
  • Pada saat jalanan macet atau berhenti di lampu lalu lintas selama kurang lebih 10 sampai 20 detik, sebaiknya tuas transmisi dipindahkan ke posisi netral. Hal ini juga layaknya dilakukan pada mobil bertransmisi manual juga bukan. Dan saat ingin melaju lagi, ikuti tahap ke-2.

Nah itu dia beberpa tips untuk mengemudikan mobil manual. Jangan lupa untuk menservisnya secara rutin ya. Gunakan jasa layanan rumah bengkel agar mekaniknya yang datang ke rumah Anda. Dijamin handal dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *