Tips Trik

Cara Mudah Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi Mobil

Manusia bukan robot, pasti ada waktu dimana merasa sangat lelah hingga tidak mampu lagi mengendalikan dirinya sendiri alias ingin segera tidur dan istirahat. Sayangnya, bagaimana jika masih berada di luar rumah dan masih harus mengemudi untuk pulang. Dengan memaksaka tubuh yang sudah berada di titik maksimal, rasa ngantuk bisa menyerang kapan saja.

Bahaya sekali bukan jika sampai tidak fokus di jalan karena mengantuk. Sedangkan mengemudi dibutuhkan kesadaran penuh dan kecepatan berpikir.Mengantuk bisa membuyarkan konsentrasi saat menyetir dan bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

Menurut penelitian, rupanya mengantuk saat mengemudi sama berbahayanya dengan menyetir dalam kondisi mabuk karena alkohol atau teler karena obat terlarang. Wah, jika begitu maka harus dihindari sebisa mungkin. Jangan sampai mengantuk ‘mengantarkan’ Anda pada kecelakaan.

Rasa kantuk disebabkan karena kondisi badan letih dan lemas akibat kurang tidur. Kopi ataupun suplemen penambah stamina bukan solusi yang tepat untuk mengatasinya, karena sifatnya hanya menunda kantuk, namun tak menghilangkan kelelahan otak.

Pertama, mari kita kenali dulu mengenai gejala mengantuk ini. Jika Anda merasa sudah benar-benar tidak bisa membuka mata 100% dan rasanya berat sekali, maka itu adalah tanda mengantuk. Apalagi jika diajak bicara atau melihat sudah tidak jernih lagi. Untuk antisipasinya, tipsnya cukup mudah:

  • Istirahat yang cukup sebelum berkendara. Tidur setidaknya 6 – 7 jam sebelum melakukan perjalanan.
  • Jika sudah terlanjur berada di jalan, maka cari rest area terdekat untuk berhenti dan tidur dulu. Jika dipaksakan maka akan fatal nantinya.
  • Setelah itu bisa melakukan olahraga ringan seperti stretching dan jangan lupa cuci muka ya.

Selain itu, mendengarkan musik aliran pop juga membantu Anda tetap terjaga setelah beristirahat tadi. Selalu berhati-hati ketika berkendara ya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *