Perawatan Mobil

Cara Ganti Oli Tanpa Harus ke Bengkel

Kesibukan sehari-hari sudah menyita waktu jadi sepertinya bisa rutin datang ke bengkel untuk mengganti oli semakin susah dilakukan. Padahal oli mobil harus diganti secara berkala agar tidak menimbulkan kerusakan atau mobil tidak nyaman dikendarai. Solusinya adalah mengganti oli sendiri di rumah.

Jika ingin mengganti oli sendiri, letakkan kendaraan anda pada tempat yang lebih tinggi dan posisinya harus sejajar antara depan dan belakang (tidak boleh miring). Kemudian, buka kap mesin dan lepaskan penutup tempat pengisian oli, agar saat oli dibuang atau dikeluarkan atau dikuras dapat mengalir dengan lancar.

Siapkan pula perkakasnya seperti wadah untuk menampung oli bekas yang telah dikeluarkan. Kemudian kunci offside untuk melepas baut penutup di bagian bawah mesin. Dalam tahap ini, cek juga kondisi gasket. Pastikan baik-baik saja atau tidak ada kerusakan apapun

Jika oli yang lama sudah dikeluarkan semua, saat memasang lagi pastikan sudah rapat agar jangan sampai ada kebocoran. Jika sampai merembes maka sangat berbahaya. Setelah baut terpasang dengan baik dan benar, masukkan oli mesin yang baru sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda.

Sudah selesai? Pastikan dulu oli yang baru dimasukkan sudah benar ukurannya alias sudah memenuhi kebutuhan helm. Caranya adalah hidupkan mobil llau matikan. Kemudian cabut stik oli yang ada di sebelah kiri mesin bagian atas, apabila cairan oli menyentuh titik bagian atas berarti jumlahnya cukup dan sebaliknya.

Sepertinya susah ya? Lebih baik, panggil saja bengkelnya ke rumah anda. Rumah bengkel adalah layanan bengkel door to door yang membantu anda untuk menservis mobil tanpa harus mengantri. Mekaniknya yang akan datang ke rumah anda. Mudah dan praktis!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *