Perawatan Mobil

Tips Menjaga Ban Mobil Lebih Awet

Servis mobil secara berkala saja sebenarnya tidak cukup. Hal ini karena banyak komponen mobil yang ternyata juga harus diganti secara rutin. Salah satunya adalah bagian ban mobil. Bayangkan jika empat roda itu cepat aus dan gantinya bersamaan, menyita banyak biaya.

Tapi jika tidak segera diganti, maka akan berbahaya. Mudah selip dan jika hujan menjadi malapetaka. Salah satu triknya adalah menjaga keawetan ban agar tidak cepat aus. Faktor yang berpengaruh selain cara penggunaan adalah juga cara mengemudi.

Untuk langkah pencegahan, lakukan pemeriksaan ban mobil secara berkala dan periksa tekanan angin ban mobil, berikan tekanan angin sesuai dengan spesifikasi dan jenis ban yang digunakan. Jangan memberikan beban yang berlebihan pada mobil, karena menyebabkan tekanan ban pada aspal jadi lebih “menggigit” sehingga bisa memperpendek umur ban. Selain itu, beban yang berlebihan juga akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Jangan lupa juga untuk rutin memeriksa komponen mobil yang ada kaitannya dengan ban. Seperti hub, karena itu bisa jadi detektor apakah ban anda waktunya ganti atau baik-baik saja.

Beda juga perawatan pada ban depan dan belakang. Ban depan, sporing dan balancing rutin itu mutlak pentingnya. Walau hanya salah satu ban mobil yang aus itu sudah begitu berbahaya. Tips lagi,  saat berkendara, usahakan memilih jalan yang baik atau rata dan hindari jalan yang berlubang.

Usahakan juga dalam mengemudi mobil jangan terlalu sering melakukan pengereman dan akselerasi secara spontan atau mendadak. Sebenarnya tips-tips ini mudah diaplikasikan hanya saja kadang kita yang malas untuk melakukannya. Jadi minta bantuan saja pada rumah bengkel untuk mengecek kondisi ban secara berkala. Rumah bengkel adalah solusi tepat bagi anda yang sibuk tapi tetap ingin menjaga performa mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *