Tips Trik

Ban Mobil Pecah? Anda Bisa Ganti Sendiri Tanpa Perlu Ke Bengkel

Bagi pengendara yang tahu tentang otomotif sangat susah ketika ban mobil pecah dan harus diganti. Tak jarang mereka panik untuk mencari bengkel terdekat. Bahkan adapula dari mereka yang akhirnya memanggil mobil derek dari pada bingung untuk mencari bengkel terdekat.

Namun, sebenernya anda juga bisa mengganti mobil tersendiri tanpa perlu ke bengkel loh. Nah, bagaimana caranya? Pertama posisikan dirinya untuk tetap tenang dan jangan panik. Berikutnya, parkirkan mobil anda ke sisi jalan atau cari tempat yang rata dan agak luas. Hal ini dilakukan karena mengganti ban di jalanan itu sangat berbahaya apalagi jalanan dalam keadaan ramai.

Selanjutnya, pastikan mobil anda dalam keadaan tidak bergerak. Jika anda menggunakan mobil bertransmisi manual, tempatkan transmisi pada gigi 1 atau R (reverse) dan tarik rem tangannya. Sedangkan anda menggunakan mobil bertransmisi otomatis, tempatkan pada posisi P (Parking). Jikapun mobil anda berada di tanjakan, tempatkan ganjalan seperti kayu atau batu di ban mobil anda.

Langka kemudian keluarkan peralatan mengganti ban dan siapkan ban cadangan untuk mengganti ban yang pecah. Tapi sebelum mengganti ban, jangan lupa menyalakan lampu hazard dan tempatkan segitiga pengaman beberapa meter di belakang mobil. Selanjutnya, buka penutup roda (apabila agak sulit coba congkel dengan penutup dengan obeng).

Setelah terbuka, kendorkan baut-baut roda menggunakan kunci roda dengan gerakan memutar arah jarum jam. Baut ini cukup dikendorkan dan tak perlu sampai terlepas dulu. Kemudian pasang dongkrak mobil pada cekungan kecil atau tanda dibagian bawah mobil. Cekungan tersebut umumnya berada sedikit di belakang roda depan dan di depan roda belakang.

ban meletus
ban meletus[image source]
Setelah cekungan tersebut ditemukan, pastikan dongkrak dalam posisi tegak lurus dengan tanah. Lalu naikan dongkrak tersebut hingga roda terangkat dan bisa dilepas. Ingat, posisi dongkrak harus tegak lurus dengan tanah, Jika tak berhasil turunkan kembali dan perbaiki posisi dongkrak anda.

Setelah dongkrak dalam posisi sempurna, lepaskan kenduran baut roda sebelumnya. Tarik ban keluar secara perlahan dari dudukannya dan letakkan pada posisi tidur. Lalu, pasang ban cadangan baru pada posisinya dan dorong hingga posisi ban sempurna. Setelah ban pasangan terpasang rapi, pasang kembali baut dan putar searah jaruh jam. Tak perlu dikencangkan dulu karena ban akan ikut berputar.

Turunkan dongkrak anda hingga roda menyentuh tanah dan kencangan semua baut dengan pola bersilang. Nah, ban pecah anda sudah terganti dengan ban cadangan yang anda bawa. Jadi, tak perlu ke bengkel kan? Nah, kalaupun tak mau ribet dan ingin lebih muda, serahkan perawatan mobil anda pada rumah bengkel karena mekanik kami yang akan datang ke tempat anda. Jaminan mutu dan kepuasan pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *