Tips Trik

Berkendara Di Tanjakan, Ikuti Teknik Ini Agar Lebih Aman dan Mudah

Salah satu tantangan  terberat kala berkendara yang biasanya membuat was-was para pengendara mobil adalah di jalan tanjakan. Apalagi jika jalanan ini dalam kondisi macet, tentu konsentrasi akan pecah dan membuat pengendara takut mesin akan macet. Anda pernah merasakannya?

Ternyata, ada teknik sendiri ketika anda berada di jalan tanjakan dan dalam keadaan macet. Yang pertama, sesuaikan gigi persneling mobil anda. Ketika berada di tanjakan yang tak terlalu curam, anda dapat gunakan gigi persneling 2 hingga 3. Namun jika sudah sangat curam, sebaiknya gunakan persneling 1 agar mesin mobil anda aman berjalan.

Namun jika mobil anda terhenti di tanjakan atau karena macet, ada dua teknik yang bisa anda gunakan. Pertama hentikan kondisi anda menggunakan rem tangan. Selanjutnya berhenti dengan menggunakan rem kaki atau stop dengan setengah kopling yaitu kombinasi antara gas dan kopling.

Teknik ini dapat anda gunakan saat situasi jalan mengharuskan anda berhentik dalam waktu yang sukup singkat. Teknik setengah kopling lain yang dapat anda lakukan ketika berada ditanjakan dengan cara menghentikan laju mobil sambil menekan pedak kopling dan menaham pedal gas hingga mobil berhenti.

Sedangkan ingin jalan dalam kondisi di tanjakan, lepaskan pedal kopling perlahan-lahan sambil menekan pedal gas. Syang teknik ini akan menjadi membuat bahan bakar anda boros dan kampas kopling juga cepat habis.

Teknik lain jika anda berhenti dalam kondisi lama seperti terkena macet cara ini dapat anda lakukan. Teknik ini dilakukan dengan berhenti menggunakan rem tangan. Caranya, tarik tuas rem tangan kemudian memindah persneling ke posisi netral ketika berhenti. Kemudian jika ingin berjalan, pindahkan persneling ke gigi 1 dan tekan pedal gasnya. Kemudia lepas kopling perlahan hingga mobil melaju.

Selain itu turunkan rem tangan secara perlahan – lahan agar mobil anda tak mundur dan mencelakaan pengendara di belakang anda. Nah, itulah teknik-teknik muda ketika anda berkendara mobil di tanjakan. Semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *