Tips Trik

Perlengkapan Jaminan Keamanan Berkendara, Apa Saja itu?

Demi kelancaran mobilitas berkendara sekaligus memberi ruang kenyamanan, jangan lupa mengecek dan melengkapi peranti standar mobil Anda. Perlengkapan standar adalah bawaan rekomendasi pabrikan dan yang telah disesuaikan aturan hukum lalu lintas di setiap negara.

Untuk itu, semua perlengkapan tersebut harus selalu ada dan wajib berfungsi dengan baik, diantaranya adalah
Yang pertama adalah rem kaki, pastikan spelling idle-nya tidak banyak dan harus berfungsi baik saat pengereman dan berhenti pada jarak 25 meter pada kecepatan 50 km/jam. Selanjutnya adalah rem tangan, pastikan bahwa ketika rem diangkat, mobil berhenti dan tidak bergerak walau posisi di tanjakan. Idealnya ruang kosong rem tangan adalah 3 klik saat ditarik. Lampu rem wajib berwarna merah.

Yang kedua yaitu lampu. Lampu yang ideal berkekuatan 55 watt untuk jarak pendek dan 100 watt untuk jarak jauh. Lampu jarak pendek harus bisa menerangi sejauh maksimal 50 meter dan tidak mengarah ke atas yang dapat menyilaukan pengemudi di kendaraan lain.

Lampu kecil harus berwarna putih atau kuning. Penggantian dengan warna merah atau warna lainnya akan berakibat kendaraan lawang menganggap mobil anda sedang berjalan sebaliknya. Reflektor lampu memastikan mobil Anda tetap terlihat meski tidak menyalakan lampu.

Lampu parkir, untuk kendaraan tertentu biasanya ada namun bukan persyaratan wajib. Lampu sein, wajib terpasang di kiri dan kanan serta berwarna kuning. Plat nomor harus terpasang dengan jelas, tidak dicat atau diubah memakai scothlight dan diterangi lampu standar.

Kemudian klakson. Klakson adalah terompet elektromaekanik atau sebuah laat yang membuat pendengarnya waspada, yang biasanya digunakan pada kereta, mobil dan kapal untuk mengkomunikasikan sesuatu.
Klakson yang ideal terdengar dari jarak 100 meter, agar bisa terdengar pengendara yang lain dan menghindarkan diri dari kecelakaan.

Yang kelima, yaitu safety glass. Safety glass yang memenuhi standarisasi adalah jenis kaca mobil yang memiliki bahan tempered glass, yang akan pecah kecil tanpa mengakibatkan pengguna kendaraan terluka. Tempered glass biasanya akan pecah menjadi serpihan seperti biji jagung.

Penghapus kaca atau dalam bahasa Inggris disebut windscreen wiper adalah alat yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil, kereta api, kapal laut, dll, pada saat hujan turun atau bila ada debu, lumpur atau benda lain yang mengotorinya. Pada mobil modern penghapus kaca mempunyai tiga kecepatan yaitu sekali-kali/ intermittent (sebagian dengan pengatur waktu), sedang dan cepat, sehingga pemakaian penghapus kaca dapat disesuaikan dengan hujan yang terjadi kalau gerimis digunakan sekali-kali dan kalau lebat sekali digunakan yang cepat.

Pastikan pembasuh kaca di waktu hujan ini dalam kondisi bekerja dengan baik dan berisi larutan pembersih untuk pembilasan kaca. Dan yang terakhir adalah Ban. Ban harus pada tekanan yang sesuai spesifikasi mobil. Minimun kembangan ban setengah dari kembangan normal. Pentil ban juga seharusnya memiliki penutup, untuk menghindarkan angin dalam ban bocor keuar ataupun kotoran masuk ke dalam ban melalui saluran masuk angin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *