Perawatan Mobil / Tips Trik

Cara Mudah Hapus Goresan di Kaca Mobil Tanpa Ke Salon

Goresan pada kaca mobil bisa menjadi cacat yang akan mengganggu estetika kendaraan Anda. Goresan ini biasanya disebabkan oleh kotoran yang menempel di kaca yang kemudian tersapu wiper.  Beberapa orang beranggapan kotoran akan tersapu saat hujan turun, padahal justru ketika hujan lah kotoran yang ikut berjatuhan ke kaca dan tersapu wiper menyebabkan kaca mobil adana tergores. Goresan tersebut tidak nampak karena membekas begitu halus dan kasat mata.

Selain membuat mobil terkesan kotor dan tidak terawat, goresan pada kaca mobil terlebih pada bagian depan, bisa mengganggu pengelihatan Anda ketika menyetir. Untuk mengatasinya, ikuti tips berikut ini. Untuk membersihkan goresan pada kaca mobil, Anda tidak perlu susah-susah harus pergi ke bengkel dan merogoh kocek. Sebab Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan dalam proses pembersihan ini adalah cerium oxide atau bubuk poles kaca yang banyak dijual di toko-toko.

Siapkan pula amplas halus dan polish pad. Siapkan juga bor dan pasangkan polish pad pada alat bor. Peralatan terakhir adalah semprotan air, lap chamois, selotip. dan koran bekas.  Pertama-tama, bersihkan permukaan kaca dengan air dan lap seperti biasa. Cek bagian yang tergores dan sapukan amplas halus memotong arah goresan. Jika sudah selesai mengamplas, bersihkan lagi dengan air dan lap.

Jangan lupa menyelotip pinggiran kaca agar bodi mobil tidak tergores atau terkena cairan poles saat Anda membersihkan kaca. Anda juga bisa menutupi bodi mobil dengan koran bekas.  Langkah selanjutnya adalah mencairkan bubuk poles kaca dengan air bersih. Saat mencampur bubuk dengan air, tuangkan air sedikit demi sedikit. Campuran yang terlalu cair dapat membuat proses pemolesan lebih lama karena sifat abrasive pada bubuk semakin rendah.

Campuran air dan bubuk poles di atas harus Anda oleskan pada backing pad yang terpasang di alat bor.
Jika anda tidak memiliki alat bor, anda bisa menggantinya dengan cara manau, yaitu dengan menggunakan tangan dan memoles kaca dengan gerakan melingkar. Ingat, ketika anda memoles kaca, jangan mengulang bagian yang sama di satu bagian itu saja. sedangkan yang lain hanya anda poles sebentar.

Saat memoles kaca, sebaiknya anda juga menyiramkan air ke kaca mobil, hal ini bisa menghindari kaca mobil yang bergemlombang atau bahkan retak terkena panas gesekan bubuk poles dan amplas. Anda dapat menambahkan bubuk cerium oxide jika goresan di kaca masih terlihat dan cairan poles hampir habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *