Perawatan Mobil

Cara Mudah Atasi Bintik-bintik di Mobil

Pada musim penghujan seperti sekarang, pemilik kendaraan kerap kali merasakan kesal akibat bintik-bintik yang terdapat di bodi Mobil. Hal itu terjadi karena dampak air hujan yang tak segera dibilas.  Seperti diketahui, air hujan yang telah mengguyur mobil dan tidak segera kita bersihkan hingga mengering akan menimbulkan noda berbentuk lingkaran kecil-kecil di permukaan cat. Inilah yang disebut water spot.

Pada kebanyakan jenis air, terlebih di kawasan kota pinggir pantai, potensi kemunculan water spot akan lebih besar, mengingat tingginya kandungan mineral tertentu pada air tersebut. Kandungan kalsium dan metal misalnya. Ancaman water spot akan jadi lebih gawat bila air hujan terpolusi oleh kandungan asam yang cukup tinggi.

Sebaiknya, akan lebih baik jika Anda mencuci mobil dengan air hangat. Bersihkan secara merata mulai dari bodi bagian bawah, engsel, hingga ke bagian tepi-tepinya. Lalu, cuci mobil dengan menggunakan sampo khusus berbusa rendah, kemudian bilas kembali dan mengelapnya hingga benar-benar tuntas. Hindari mencuci bodi dengan sampo berbahan kimia yang tinggi.

Perlu juga diperhatikan mengenai pemoles mobil. Banyak pengendara yang berusaha merawat cat dengan memoles bodi mobil berbahan lilin (wax). Yang jelas, jangan terlalu sering menggunakan pemoles semacam ini. Sebab, lama kelamaan obat poles ini malah akan memudarkan dan mengikis cat mobil itu sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, sedapat mungkin hindari produk yang mengandung silikon (amonia silica). Obat poles dengan kandungan kimia yang dominan justru bisa merusak cat mobil. karena bersifat abrasif atau mengikis. Kedua bahan tersebut juga sulit diurai oleh tanah dan air sehingga tidak ramah lingkungan.

Ada baiknya memilih pemoles berbahan resin yang punya kandungan polimer. Kandungan ini berfungsi ganda dan cukup efektif. Selain memberi perlindungan ekstra terhadap partikel yang merusak cat, juga bisa membuat lebih mengkilap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *