Perawatan Mobil

Bagian Mobil Mudah Berkarat yang Perlu Diperhatikan Khusus

Meskipun musim penghujan telah lewat, bukan berarti berbagai persiapan dan perhatian pada mobil Anda abaikan dan remehkan. Biasanya, jika musim hujan tiba, ada beberapa hal yang akan menjadi momok para pemilik kendaraan, tak terkecuali mobil.

Salah satu masalah pada mobil yang sering muncul pada saat musim hujan yakni karat di beberapa bagian mobil. Hal tersebut timbul karena kurangnya kesadaran pemilik kendaraan untuk selalu membersihkan mobil ketika mobil terkena air hujan. Berikut informasi mengenai bagian-bagian pada mobil yang rentan dihinggapi karat. Apa saja? Berikut antara lain:

1. Pintu bagasi
Untuk mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) biasanya terletak di pintu bagasi. Biasanya, kotoran berkumpul pada bagian atas lantaran air dari atap membawa kotoran menumpuk di situ. Jumlahnya cukup banyak dan bagian ini jarang mendapat perhatian.

2.    Sepatbor
Cipratan air dari ban yang bercampur kotoran suka menempel di celah-celah antara plastic penutup fender dengan bodi. Karena basah, tentunya memicu karat alias potensinya cukup besar. Sangat dianjurkan ketika mencuci upayakan dengan tekanan air yang kencang. Sebalinya, bawa saja ke pencucian mobil yang menggunakan kompresor agar kotoran yang sulit dijangkau lebih mudah dibersihkan.

3.    Engsel pintu
Bagian ini sering dihinggapi karat. Tandanya, ketika pintu dibuka mengeluarkan suara “krieek..kriek..”. Usai dicuci, jangan lupa engsel di lap setelah itu dikasih cairan pelumas. Cairan pelumas bisa anda dapatkan di toko asesoris atau jika anda terburu-buru, anda dapat menggunakan oli atau minyak goring dirumah Anda.

4.    Kolong mobil
Kolong mobil merupakan salah satu tempat yang mudah sekali terjangkau oleh karat. Sebab, kolong mobil jarang dijangkau pemilik kendaraan saat tengah mencucinya. Terlebih lagi bagian ini sering mendapatkan cipratan air saat musim penghujan tiba.

Cara termudah menghindari karat adalah dengan mencuci kering kendaraan setelah terkena air hujan. Pastikan semua bagiannya bersih dan kering sehingga karat atau jamur tidak berani lagi bersarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *