Perawatan Mobil

Tips Ringan Merawat Mobil Kesayangan

Bagi pemilik kendaraan yang baru saja membeli mobil, baik itu mobil baru atau tangan kedua, sudah jelas akan memberikan kebanggan dan kebahagiaan tersendiri karena memiliki mobil merupakan sebuah bentuk prestasi bagi banyak orang. Namun tak jarang dari sekian banyak masyarakat yang memiliki mobil, mereka belum terlalu paham bagaimana me-maintain mobil kesayangan mereka dengan baik. Termasuk bagaimana memberikan perawatan-perawatan dasar yang ringan namun krusial pada mobil mereka.

Efeknya, bagi mereka yang tidak terlalu paham dan mengerti mengenai perawatan ringan pada mobil mereka, terkadang harus legowo menerima kondisi mobil mereka sering tidak fit seratus persen. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah memeriksa kondisi mobil mereka dengan waktu berkala, seminggu sekali pada weekend misalnya, sehingga mobil akan kembali siap digunakan saat weekday menyambut.

Nah, mungkin tips-tips ringan ini bisa membantu anda. Yang pertama, ketersediaan tool kit adalah langkah yang paling mendasar dalam mempersiapkan segala hal bagi mobil anda, cek kelengkapan dan kondisinya untuk memastikan mereka selalu siap sedia ketika kita membutuhkannya. Letakkan tool kit anda pada satu box khusus yang memang dipersiapkan bagi tool kit sehingga tidak terpisah. Jadi sewaktu-waktu dibutuhkan, alat ini bisa langsung digunakan.

Kedua, tekanan angin. Berlaku pada angin ban mobil dan motor, setiap hari, pada pergantian siang dan malam, suhu secara tidak langsung akan mempengaruhi ‘kekerasan’ ban kendaraan kita. Maka ada baiknya, setiap minggu kita cek apakah tekanan pada ban mobil kita sudah memenuhi syarat aman. Akan lebih baik apabila kegiatan ini dilakukan lebih sering. Yang ketiga adalah kondisi jok mobil. Bagi yang sering membuka kaca mobil saat berkendara, salah satu resikonya adalah jok akan jadi lebih mudah untuk kotor karena debu, kotoran dan yang lainnya. Vacuum cleaner akan sangat membantu untuk kasus ringan seperti debu yang menempel.

Pada tahap pembersihan yang lebih berat, akan lebih disarankan pembersihan dengan tidak menggunakan detergent saat mencucinya, karena penggunaan detergent sangat mungkin meninggalkan bercak. Dan yang terakhir, anda harus sering memperhatikan kondisi aki. Aki berperan pada kondisi kelistrikan mobil, dan apapun yang berkaitan dengan bagian-bagian elektronik, mayoritas akan tergantung pada kondisi aki.

Pemeriksaan rutin yang bisa dilakukan antara lain memeriksa level indikatornya, apakah perlu ditambahkan air akinya sampai batas yang ditentukan. Kedua kutub aki juga wajib untuk diperiksa, kondisi braket bodi aki itu sendiri harus dalam kondisi yang terkunci dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *