Tips Trik

Tips Mengemudi Sehat Bagi Ibu-Ibu Hamil, Catat Ya

Hamil bukan berarti Anda tidak bisa melakukan banyak aktivitas. Apalagi bagi yang bekerja ataupun banyak kegiatan di luar rumah. Mobilitas tetap harus berjalan dan menyetir mobil tetap dilakukan. Ketika perut semakin membesar, tentu berbeda rasanya dibanding ketika belum hamil bukan? Belum lagi ada banyak risiko seperti bagaimana jika tiba-tiba kontraksi di tengah jalan atau mual?

Agar Anda tidak lagi risau, ada tips mengemudi bagi Ibu hamil. Silakan dijadikan referensi ya:

1. Kenakan sabuk pengaman dengan benar.

Pastikan sabuk pengaman Anda di posisi di bawah perut, melintang di pinggul. Tali pada bahu harus berada di antara payudara dan pastikan untuk menariknya sehingga sabuk terasa nyaman dan kencang.

2. Mundurkan kursi

Mundurkan kursi Anda ke jarak yang nyaman saat berkendara. Sedikit memiringkan kursi juga dapat membantu. Hal ini akan melindungi perut Anda apabila airbag bekerja.

3. Berikan bantalan pada punggung.

Jika Anda memiliki nyeri punggung terkait kehamilan, tempatkan bantal sandara bulat kecil untuk menahan punggung bawah atau gunakan gulungan handuk. Hal ini akan membantu meningkatkan kenyamanan saat Anda berkendara.

4. Istirahat sejenak.

Jika Anda mengendarai mobil dalam waktu lama, istirahatlah secara teratur untuk meningkatkan aliran darah ke kaki Anda. Kaki dan pergelangannya rentan terhadap pembengkakan dan dapat bertambah buruk karena duduk untuk waktu yang lama.

5. Jadilah Penumpang.

Bila mungkin, jadilah penumpang. Duduk di kursi belakang adalah tempat teraman di mobil untuk ibu hamil.

6. Bawa data kesehatan Anda.Kemana pun Anda pergi, pastikan untuk selalu membawa kartu catatan kehamilan, yang mencakup daftar terperinci informasi medis, hasil tes, dan kontak darurat.

Ingat, utamakan keselamatan diri dan kesehatan Anda serta calon buah hati yang ada di kandungan. Jika tidak memungkinkan, maka jangan dipaksakan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *